
Magister Ketahanan dalam Pendidikan
Suceava, Rumania
DURASI
2 Years
BAHASA
Bahasa inggris
KECEPATAN
Waktu penuh
TENGGAT WAKTU APLIKASI
Minta batas waktu aplikasi
TANGGAL MULAI PALING AWAL
Minta tanggal mulai paling awal
BIAYA PENDIDIKAN
EUR 2.400 / per year
FORMAT STUDI
Di kampus
pengantar
Master Bersama Erasmus Mundus dalam Ketahanan dalam Konteks Pendidikan - EMJM FLOURISH adalah program master inovatif penuh waktu selama 2 tahun yang bertujuan untuk membangun kapasitas pendidik dan praktisi dalam menciptakan konteks peningkatan ketahanan yang membekali anak-anak dan remaja dengan sumber daya yang diperlukan dan kompetensi untuk menangani secara efektif tantangan dalam pendidikan dan pengembangan mereka.
Ini ditawarkan oleh Universitas Malta (mitra utama), Universitas Kreta, Yunani, Universitas Lisbon, Portugal, dan Universitas Stefan Cel Mare, Suceava, Rumania dan didukung oleh lima mitra terkait lainnya, Universitas Dalhousie, Kanada, Rijeka Universitas, Kroasia, Universitas Pretoria, Afrika Selatan, Universitas Orebro, Swedia, Universitas Sao Paolo, Brasil, dan Pusat Pelatihan Psikologi Sekolah Eropa. Peserta kursus melakukan 4 mobilitas di setidaknya 3 Universitas pemberi gelar.
Galeri
Kurikulum
Selama program master, siswa akan memiliki kesempatan untuk mempelajari mata pelajaran berikut dan akan dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman berikut:
Semester 1. Unit penawaran jurusan: Pusat Ketahanan & Kesehatan Sosial Emosional
- Ketahanan dalam pembangunan manusia - Unit studi ini berfungsi sebagai pengantar seluruh program Magister, dan bertujuan untuk memperkenalkan kerangka promosi dan pencegahan kesehatan; mendefinisikan sifat ketahanan; mendeskripsikan berbagai teori dan model resiliensi; mengidentifikasi risiko dan faktor perlindungan di berbagai sistem; dan mendiskusikan relevansi pendidikan ketahanan bagi perkembangan dan pertumbuhan anak-anak dan remaja secara keseluruhan.
Pengetahuan dan pemahaman: - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Memahami prinsip dan prinsip utama kerangka ilmu promosi dan pencegahan kesehatan serta penerapannya pada kesehatan mental dan kesejahteraan anak-anak dan remaja
- Definisikan ketahanan dan telusuri perkembangannya mulai dari gagasan tentang kekebalan hingga ke
perspektif transaksional konteks individu - Mengkaji secara kritis berbagai pendekatan terhadap ketahanan seperti rumah, komunitas, tempat kerja, kesehatan dan pembangunan sosio-ekonomi, mengkaji dan mengevaluasi teori-teori utama dan model-model ketahanan
- Identifikasi risiko dan faktor perlindungan bagi anak-anak dan remaja dari keadaan buruk termasuk trauma, kemiskinan, etnis minoritas, dan migrasi paksa
- Kompetensi dan pedagogi dalam pendidikan ketahanan - Unit studi ini akan memberikan kesempatan kepada peserta kursus untuk mempertimbangkan secara kritis sikap dan keterampilan khusus yang harus dikembangkan pada anak-anak dan remaja di dalam dan di luar kelas serta pendekatan pedagogi yang relevan untuk sikap dan keterampilan tersebut. untuk diperoleh. Ketahanan tidak dapat diajarkan secara didaktik hanya sebagai bidang pengetahuan saja
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Bandingkan dan kontraskan perbedaan antara pendekatan didaktik dan pengalaman dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kaitannya dengan pendidikan ketahanan
- Mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan pendekatan SAFE dalam proses belajar mengajar sosio-emosional
- Bandingkan dan kontraskan berbagai metode penilaian yang diperlukan untuk penilaian kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan mengacu pada ketahanan
- Jelaskan secara kritis keterampilan yang membentuk berbagai kompetensi termasuk bidang: Hubungan dan Komunikasi, Pola Pikir Bertumbuh, Penentuan Nasib Sendiri, Membangun Kekuatan, dan Mengubah Tantangan menjadi Peluang (Menghadapi kesulitan, penolakan, konflik keluarga, kehilangan, intimidasi, perubahan dan transisi).
- Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program ketahanan - Unit studi ini memperkenalkan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program dan intervensi ketahanan dengan menggunakan berbagai strategi. Kompetensi ini akan memperkuat kapasitas profesional pendidikan untuk melaksanakan intervensi ketahanan dengan perhatian khusus pada kualitas pelaksanaan dan pemantauan dampak program. Selanjutnya siswa akan mengembangkan keterampilan tentang bagaimana merancang program/rencana proyek yang akan membuat penerapan suatu program oleh sistem pendidikan lebih layak dan berkelanjutan.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Identifikasi metode yang digunakan dalam model perencanaan umum untuk mengembangkan program pencegahan/ketahanan
- Tentukan kualitas implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas implementasi, termasuk adaptasi dan integritas program
- Jelaskan pentingnya kondisi sekolah dan ketahanan guru serta kesiapan komunitas sekolah untuk berubah agar berhasil menerapkan program pencegahan dan ketahanan
- Jelaskan pentingnya evaluasi dalam pencegahan/ketahanan dan identifikasi penggunaan berbagai jenis evaluasi
- Pemahaman Sistemik dan Keluarga tentang Ketahanan - Unit ini memaparkan siswa pada berbagai teori dan model di bidang terapi keluarga dan praktik sistemik. Ini mendukung pembelajaran dengan menyertakan sesi latihan untuk membantu siswa membiasakan diri lebih jauh dengan keterampilan sistemik. Selain itu, unit ini juga memungkinkan siswa untuk merefleksikan populasi klien yang berbeda/kesulitan yang dihadapi, dan penggunaan keterampilan/teknik sistemik sebagai bentuk intervensi, terutama dengan mengingat anak-anak dan remaja di sekolah. Selain itu, unit ini juga akan mencakup pemahaman sistemik tentang sistem sekolah dan konteks multi-sistemik lainnya yang merupakan bagian dari lingkungan sosio-ekologis yang lebih luas.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Memahami teori yang berkaitan dengan praktik sistemik.
- Gunakan kerangka teori yang sistemik ketika memahami kompleksitas bekerja dengan keluarga yang berbeda dan kesulitan yang mereka hadapi.
- Hambatan Perkembangan Pembelajaran - Unit studi ini akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk memperdalam pemahaman mereka tentang hambatan belajar yang timbul baik dari kecacatan dalam diri anak maupun kekurangan sosial dan pengajaran. Hal ini akan mencakup pertimbangan teori dan penelitian mengenai tantangan yang timbul dari berbagai bentuk disabilitas dan pembelajaran serta kesulitan sosial dan emosional serta dampak dari sikap, struktur dan proses sosial dalam model sosial disabilitas.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Menunjukkan pemahaman yang mendalam dan luas tentang bagaimana berbagai bentuk gangguan dapat menjadi sumber hambatan belajar;
- Menunjukkan pemahaman kritis tentang tantangan dan kekuatan yang mungkin dialami oleh anak-anak dan remaja penyandang disabilitas sensorik;
- Menunjukkan pemahaman kritis terhadap tantangan dan kekuatan yang mungkin dialami oleh anak-anak dan remaja dengan kesulitan komunikasi dan kondisi spektrum autisme;
Semester 2. Unit penawaran jurusan: Universitas Kreta, Yunani
- Proses Kontekstual dalam Peningkatan Ketahanan: Iklim Kelas dan Sekolah - Unit ini bertujuan untuk membahas topik-topik paling relevan terkait dengan proses kontekstual dalam peningkatan ketahanan di lingkungan sekolah dan membiasakan peserta kursus dengan:
- Konsep inti dalam pendidikan inklusif dan strategi untuk mendorong keberhasilan penyelenggaraan pendidikan inklusif;
- Pentingnya pembelajaran kooperatif dan bagaimana merencanakan kegiatan kooperatif di kelas;
- Pentingnya hubungan kepedulian dalam proses ketahanan dan strategi efektif untuk meningkatkan hubungan kepedulian di kelas;
- Model penjelasan perilaku utama, analisis perilaku fungsional di kelas dan strategi untuk mendorong iklim kelas yang positif;
- Pentingnya mengidentifikasi perlunya dukungan ekstra ketika menangani kebutuhan umum dan khusus siswa.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Mengevaluasi pentingnya iklim kelas dan sekolah untuk peningkatan ketahanan peserta didik, dengan mengacu pada literatur yang relevan tentang pendidikan ketahanan
- Identifikasi hasil sosial dan intelektual dari pembelajaran kooperatif dan tinjau secara kritis keuntungan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif dalam intervensi ketahanan
- Identifikasi model penjelas perilaku utama dan evaluasi secara kritis strategi manajemen perilaku positif
- Diskusikan secara kritis pentingnya mengidentifikasi kebutuhan akan dukungan ekstra bagi beberapa siswa dan memastikan bahwa hal tersebut terpenuhi sambil menghindari stigmatisasi
- Bekerja dengan Orang Tua dan Profesional dalam Meningkatkan Ketahanan - unit studinya dapat membantu para praktisi untuk berhasil mengembangkan kolaborasi dengan orang tua dalam pendidikan ketahanan anak-anak mereka. Hal ini akan memungkinkan para praktisi untuk terlibat dengan orang tua sebagai mitra utama dalam perencanaan dan implementasi program ketahanan di sekolah, rumah, dan konteks relevan lainnya.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Memberikan catatan kritis terhadap literatur tentang keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pendidikan ketahanan anak.
- Jelaskan dan analisis berbagai cara di mana guru dapat berkolaborasi dengan keberagaman orang tua dalam pendidikan ketahanan anak-anak mereka.
- Jelaskan cara-cara di mana keterlibatan masyarakat dapat meningkatkan peluang anak-anak untuk mencapai pertumbuhan yang berketahanan.
- Metode Penelitian dalam Pendidikan Ketahanan - Unit studi ini bertujuan untuk memungkinkan peserta kursus mengembangkan pemahaman kritis tentang konsep dan isu yang berkaitan dengan penelitian ketahanan dan keterampilan yang relevan untuk mengevaluasi dan melakukan penelitian tersebut. Hal ini akan memungkinkan peserta untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan penelitian terkait dengan pendidikan ketahanan dan membedakan pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan desain metode kuantitatif, kualitatif atau metode campuran, untuk merancang penyelidikan yang relevan menggunakan metodologi dan strategi pengumpulan dan analisis data yang sesuai, sambil mengatasi masalah validitas dan generalisasi, dan mengikuti standar penelitian etis.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Tunjukkan pemahaman tentang penyelidikan berbasis praktisi, kerangka teoritisnya dalam penelitian pendidikan ketahanan
- Membedakan antara pertanyaan-pertanyaan penelitian yang memerlukan desain metodologi kuantitatif, atau kualitatif, atau campuran, antara berbagai cara untuk menjamin validitas dan generalisasi dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif
- Tunjukkan kemampuan untuk membedakan instrumen yang berbeda, mengidentifikasi yang paling berguna dalam kaitannya dengan variabel
- Topik Pilihan dalam Ketahanan dan Penerapan dalam Kebutuhan Pendidikan Individu - Unit studi bertujuan untuk mencakup penerapan penelitian ketahanan dalam pendidikan dengan fokus pada anak-anak berkebutuhan pendidikan khusus. Tujuannya adalah untuk membantu para pendidik memanfaatkan pengetahuan dan strategi terapan dalam membangun ketahanan, dengan fokus pada populasi rentan seperti anak-anak berkebutuhan khusus, termasuk anak-anak penyandang disabilitas, anak-anak migran. dan anak-anak dengan kesulitan emosional dan perilaku.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Tinjau literatur yang sangat relevan mengenai ketahanan dan kesejahteraan anak-anak yang rentan (misalnya kebutuhan pendidikan khusus: disabilitas, anak-anak migran dan pengungsi, kesulitan emosional dan perilaku)
- Memahami bagaimana proses konsultasi dapat membantu guru menyelesaikan situasi bermasalah di sekolah.
- Evaluasi bidang konten dalam topik seperti pelatihan dan pendidikan orang tua serta ketahanan keluarga.
- Program Pencegahan untuk Anak-anak Prasekolah dan Sekolah Dasar yang Rentan - Unit studi ini bertujuan untuk menghubungkan literatur yang ada mengenai intervensi berbasis bukti untuk anak kecil dengan kebutuhan pendidikan khusus dalam konteks sekolah dan keluarga, sehingga pendidik dapat memanfaatkan intervensi tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak dan ketahanan. Tujuan keseluruhan dari unit studi ini adalah untuk memungkinkan para praktisi di sekolah merancang, menerapkan dan mengevaluasi program pencegahan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak sekolah, khususnya anak-anak usia dini dan sekolah dasar.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Identifikasi langkah-langkah yang diperlukan dalam merancang program pencegahan untuk anak kecil
- Memahami pentingnya tahap implementasi dalam program pencegahan dan mengidentifikasi strategi praktis yang diperlukan untuk memastikan efektivitas program bagi anak-anak muda yang rentan
- Tinjauan kritis terhadap program pencegahan saat ini untuk anak-anak muda dan rentan dengan memahami kekuatan dan keterbatasan mereka
Semester 3. Unit penawaran jurusan: Universitas Lisbon, Fakultas Kinetika Manusia/ Stefan cel Mare University of Suceava , Fakultas Ilmu Pendidikan
- Memperkuat Ketahanan Profesional Pendidikan - Unit Studi ini bertujuan untuk mendukung ketahanan praktisi di lingkungan pendidikan, dengan membantu mereka mencapai strategi penanggulangan yang efektif. Ketahanan praktisi dapat menjadi proses psikologis yang mengubah konteks negatif sosial dan budaya menjadi peluang untuk pembangunan. Ketahanan praktisi juga menjadi panutan bagi peserta didik. Hal ini berpengaruh pada kompetensi afektif dan transversal, pada pengetahuan akademis yang dapat berkembang menjadi pengetahuan transformatif.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara untuk meningkatkan ketahanan praktisi dalam kerangka ketahanan ekologis yang sistemik
- Jelaskan faktor-faktor yang mendorong pemikiran divergen, proses kreatif, dan perilaku kolaboratif
- Identifikasi peran positif dalam mendorong pertumbuhan dan kesejahteraan
- Identifikasi bagaimana latar belakang teoretis dapat membentuk pemahaman peran praktisi
- Observasi Dan Praktek Penempatan I dan II - Oleh karena itu, unit studi ini diperlukan untuk penyiapan praktisi dalam menerapkan kompetensi resiliensi dalam konteks aktual pada anak dan remaja. Hal ini memberikan peserta kursus untuk terlibat dalam observasi dan penerapan kompetensi ketahanan yang tercakup dalam program ini.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Berikan penjelasan kritis tentang strategi paling efektif dalam pendidikan ketahanan di lingkungan kerja mereka.
- Berikan penjelasan kritis mengenai faktor-faktor di kelas, sekolah, atau konteks lain yang meningkatkan perolehan kompetensi ketahanan pada anak-anak dan remaja.
- Kenali kekuatan dan kesulitan diri sendiri dalam memfasilitasi pembangunan ketahanan pada anak-anak dan remaja
- Hubungan Organisasi dan Jaringan Pendukung dalam Peningkatan Ketahanan - Unit ini berupaya memberikan peserta kursus pemahaman yang lebih mendalam tentang proses yang terlibat dalam meningkatkan ketahanan di kalangan profesional pendidikan. Peserta akan mempunyai kesempatan untuk mengkaji stres profesional dan menganalisis faktor-faktor stres dalam kehidupan profesional individu dan iklim organisasi sekolah. Kemudian akan dibahas bagaimana jaringan profesional dapat dimanfaatkan untuk membantu praktisi mengatasi stres dan mengembangkan ketahanan.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Menerapkan kerangka promosi ketahanan untuk memahami dan meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan guru melalui iklim organisasi;
- Identifikasi risiko utama dan solusi melalui jaringan untuk mendorong pengembangan pribadi dan profesional guru;
- Menerapkan kerangka ketahanan untuk mengidentifikasi proses yang membantu meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan guru dan menjadi mentor bagi guru.
- Identifikasi strategi dalam meningkatkan ketahanan kepemimpinan sekolah.
- Psikologi Positif dalam Pendidikan - Unit studi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan kritis tentang penerapan psikologi positif dalam pendidikan untuk mempromosikan pendekatan berbasis kekuatan di sekolah, berbeda dengan pendekatan defisit dalam pendidikan. Tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan para guru, pengasuh, orang tua dan siswa untuk mencari kekuatan dalam diri siswa dan anak-anak mereka dan menggunakannya untuk membantu mereka mengatasi kelemahan mereka.
Pengetahuan dan pemahaman - pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Definisikan aspek-aspek utama psikologi positif
- Identifikasi prinsip-prinsip psikologi positif dalam domain kehidupan yang berbeda
- Identifikasi penggunaan psikologi positif dalam lingkungan pendidikan
- Menganalisis dan mensintesis teori dan model kesejahteraan dan ketahanan utama yang muncul dari psikologi positif
Semester 4. Unit penawaran departemen: Universitas Malta, Universitas Kreta, Universitas Lisbon, Universitas Stefan cel Mare Suceava
- Disertasi - Disertasi memberikan kesempatan kepada peserta kursus untuk melakukan penelitian berbasis praktik (termasuk pengumpulan dan analisis data) di bidang yang berkaitan dengan ketahanan dan kesejahteraan anak-anak dan remaja yang tercakup selama kursus, dan berkontribusi pada pengetahuan subjek yang diselidiki . Itu harus diselesaikan pada semester ketiga kursus dan diserahkan sebagai disertasi sekitar 15.000-20.000 kata. Siswa juga akan mengikuti ujian lisan. Pedoman rinci mengenai usulan dan penyelesaian disertasi serta kriteria dan tata cara pemeriksaannya akan tersedia pada dokumen pedoman disertasi yang diterbitkan pada awal program magister.
Membunuh – pada akhir unit studi siswa akan dapat:
- Identifikasi dan analisis secara kritis sifat dan pentingnya pertanyaan penelitian asli dalam bidang praktik profesional mereka.
- Menghasilkan kajian ilmiah dalam bidang ketahanan, dengan pelaksanaan tahapan perencanaan, pengumpulan data, analisis, dan penulisan yang tepat.
- Menunjukkan keterampilan dalam melakukan investigasi di bidang pekerjaan profesional yang relevan dengan masalah ketahanan dan kesejahteraan anak/remaja
- Menunjukkan keterampilan kritis dalam analisis keterbatasan pekerjaan penelitian terkait milik sendiri dan orang lain.
- Menunjukkan kompetensi dalam menganalisis masalah etika yang relevan dengan penyelidikan tertentu dan dalam menerapkan pertimbangan dan prosedur etis yang diperlukan.
Ini adalah gelar Magister Gabungan internasional pertama dalam Ketahanan dalam Konteks Pendidikan yang dipimpin oleh konsorsium internasional lembaga pendidikan tinggi, memberikan kesempatan unik bagi calon pemimpin dalam menciptakan ketahanan yang meningkatkan konteks dan sistem pendidikan.