
MBA in
MBA dalam spesialisasi Ekonomi Digital Maastricht School of Management

pengantar
MBA adalah program manajemen generalis, tetapi di MSM Anda dapat memilih dari berbagai spesialisasi untuk menyelaraskan MBA sepenuhnya dengan ambisi karier Anda, atau untuk menantang diri sendiri di bidang baru dan yang belum dijelajahi.
Dari transformasi digital, kewirausahaan digital, data besar, keamanan siber, ritel online hingga industri 4.0, era digital memiliki dampak yang terus meningkat pada cara kita hidup dan bekerja. Spesialisasi MBA Ekonomi Digital menawarkan kursus dalam Perdagangan dan Pemasaran Digital, Data Besar & Analisis Bisnis, FinTech, dan Industri 4.0.
Perdagangan dan Pemasaran Digital
Untuk sukses saat ini, tidak cukup hanya mendirikan divisi e-commerce dari bisnis Anda. Organisasi harus menggunakan teknologi dan data untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan digital baru. Perilaku dan harapan pelanggan telah berubah; pelanggan mengharapkan media sosial dan aplikasi seluler untuk memandu mereka melalui perjalanan pembelian lengkap dari online ke offline dan sebaliknya. Lebih dari sebelumnya, organisasi harus menempatkan pelanggan sebagai inti dari strategi pertumbuhan mereka, dan memberi mereka perjalanan yang unik. Mengintegrasikan dunia online dan offline ke dalam pengalaman holistik yang unik akan menjadi normal baru. Selama kursus ini, Anda belajar tentang pendorong utama, yang saat ini menunjukkan arah cara bisnis dilakukan. Kami membahas cara mencitrakan kembali bisnis Anda, mempelajari cara memperkuat strategi pertumbuhan, dan cara mengatasi tantangan persaingan digitalisasi. Kami fokus pada karakteristik utama dari konsep "penjualan" baru, mengeksplorasi pendekatan Multisaluran dan konsep perdagangan terpadu. Kami belajar bagaimana merancang strategi pengalaman pelanggan yang sukses.
Bagian kedua dari kursus ini berfokus pada aspek pemasaran ritel digital. Dalam ekonomi digital kita saat ini, penting bagi perusahaan untuk memahami kekuatan, kemungkinan, dan keterbatasan unik dari berbagai opsi pemasaran digital. Kemampuan untuk memahami strategi untuk menggunakan kombinasi saluran yang benar dan wawasan untuk menafsirkan data dan hasil dengan benar juga diperlukan.
Data Besar & Analisis Bisnis
Data besar dihasilkan oleh segala sesuatu di sekitar kita, terus menerus dan di setiap sektor dan fungsi dalam ekonomi global. Itu berasal dari berbagai sumber, dalam berbagai format, dan tiba dalam volume tinggi dan kecepatan tinggi. Mampu menggunakan sumber daya yang luas ini akan membantu Anda membuat keputusan strategis yang efektif. Kursus ini membahas di mana kita dapat menemukan data, bagaimana kita dapat mengubahnya, dan bagaimana kita dapat menggunakannya dalam proses pengambilan keputusan. Anda akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana big data menciptakan nilai dengan membuat informasi menjadi transparan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai efisiensi, kinerja, dan manajemen risiko. Ini memberikan segmentasi pasar yang lebih baik dan memungkinkan perusahaan untuk lebih menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen, serta memberikan informasi penting untuk produk generasi berikutnya.
Teknologi Finansial
Sebuah hype atau cabang keuangan yang serius? Haruskah manajer tahu tentang fintech? Dimana uangnya? Haruskah kita berinvestasi dalam mata uang kripto atau NFT? Jawabannya akan diberikan dalam kursus ini, yang akan memperkenalkan Anda pada teknologi tinggi dan pendekatan strategi inovatif. Berbagai bidang fungsional FinTech akan ditangani, seperti Pembayaran, (Personal) Banking, Digital Lending, Wealth Management, Insurtech, Pasar Modal, SMB, Real Estate, dan Hipotek. Selain itu, kita akan membahas teknologi, seperti Cloud, API, Low-Code, AI & ML, Blockchain & DLT. Model bisnis keuangan akan dianalisis, termasuk DeFi (ao Apakah lebih baik mempertaruhkan atau menyediakan likuiditas, di Lido atau Nexo atau di tempat lain?) dan ekosistem investasi Fintech. Di akhir kursus, Anda akan dapat menjawab apakah FinTech akan mendapat tempat di organisasi Anda, di samping keuangan tradisional.
Industri 4.0
Industri 4.0 atau dikenal dengan revolusi industri keempat telah menjadi titik sentral diskusi para pemimpin bisnis saat ini. Dengan meningkatnya digitalisasi dan otomatisasi, kami melihat perkembangan radikal dalam interkonektivitas yang memengaruhi dunia profesional dan pribadi. Mengelola pada antarmuka di mana manusia bertemu mesin menjadi kabur dan membutuhkan pemimpin bisnis untuk merangkul perspektif baru dan bereaksi terhadap peluang baru. Kursus ini melihat bagaimana bisnis dipengaruhi oleh otomatisasi dan penggunaan robot dalam proses produksi, sistem cyber-fisik (seperti pemantauan medis atau sistem kontrol proses), internet hal-hal (antar-jaringan perangkat fisik), dan komputasi awan (di mana internet memungkinkan untuk berbagi sumber daya pemrosesan komputer serta data dengan perangkat lain sesuai permintaan).
Galeri
Kurikulum
Jalur keahlian MBA Ekonomi Digital menawarkan kursus di:
- Perdagangan dan Pemasaran Digital
- Data Besar & Analisis Bisnis
- Teknologi Finansial
- Industri 4.0